• Paradigma adalah cara atau alat atau perspektif yg kita gunakan untuk melihat segala sesuatu.
• Menurut Babble, paradigma adalah skema atau model yg menstema cara kita melihat sesuatu seperti apa.
• Paradigma terkait dengan pengetahuan, gender, latar belakang, status sosial.
• Paradigma positivistik : melihat realitas sosial bahwa ada hukum seperti hukum alam yg mengatur dan mengedalikan realitas sosial.
• Paradigma konflik : kita melihat dalam realitas sosial ada kelompok yg mendominasi kelompok lain. Cth : pria merasa di atas wanita, majikan dengan buruh.
• Paradigma Interaksionisme simbolik : membangun realitas sosial dari individu-individu yg ada di dalamnya.
• Paradigma Etnomethoclology : realitas sisial dipahami berdasarkan sudut pandang subjektif individu.
• Paradigma Structural Functiaonlist : masyarakat disusun berdasarkan fungsi tiap-tiap individu melihat realitas berdasarkan fungsi-fungsi di individu.
• Paradigma Feminis : melihat bahwa wanita....karena pria...
• Paradigma Kontemporary : melihat bahwa adanya relativisme tdk ada yg mutlak / absolut.
Deby N Hidayat (2005) : Positivism, critical theorities, constructivism
Guba and Lincoln : Positivism, Post-positivism, critical theorities, constructivism
Dimensi-dimensi dalam paradigma :
Ontologi : asumsi objektif / subjektif, bagaimana cara kita melihat realitas. Apa realitas di luar anda atau realitas itu berada dalam diri anda.
Epist emologus: hubungan antara peneliti dan yg diteliti
Metodologi : bagaimana cara kita mendapatkan data
Aksiologi : pemilihan nilai, etika, pilihan moral peneliti dalam penelitian
Perbedaan Ontologis :
Klasik : realitas berada di luar kita
Konstruktif : kebenaran realitas itu relatif berdasarkan konstruksi sosial kita
Kritis : realitas yg kita lihat itu semu karena terbentuk dari proses sejarah
Public Relations Research
Metode-metode yg digunakan :
Survey : deskriptif dan eksplanatif
Deskriptif : survey yang dilakukan cenderung menggambarkan kejadian yang dipertanyakan.
Eksplanatif : survey yang dilakukan dengan cara menjelaskan secara mendetil objek yang dipertanyakan.
Communication Adult
Unobfrusive
Penelitian Image :
Motivasi : dorongan/dukungan
Efektifitas : kemudahan
Analisis Isi : pengamatan isi proposal.
Indiv public studies
Public Opinion Research :
PR research on companies
PR audit
Research on recent condition staff that...
Human relations research
Aktivitas PR :
Press Agentry
Promotion
Publicity
Public Affair
Research
Graphics
Advertising
Marketing
Merchandising
Evaluasi PR :
Sejauh mana publisitas dilakukan (the extent of publicity)
Statistik Ordains dan public
SDA seperti apa (resources based)
Opini (collecting opinion)
CSR ( Coorporate Siocial Responsibility ) studies : needs, desires, wants, interest (needs assessment)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar