Rabu, 21 April 2010

- Perbedaan kuanti – kuali dan paradigma dalam Ilmu Sosial

• Paradigma adalah cara atau alat atau perspektif yg kita gunakan untuk melihat segala sesuatu.
• Menurut Babble, paradigma adalah skema atau model yg menstema cara kita melihat sesuatu seperti apa.
• Paradigma terkait dengan pengetahuan, gender, latar belakang, status sosial.
• Paradigma positivistik : melihat realitas sosial bahwa ada hukum seperti hukum alam yg mengatur dan mengedalikan realitas sosial.
• Paradigma konflik : kita melihat dalam realitas sosial ada kelompok yg mendominasi kelompok lain. Cth : pria merasa di atas wanita, majikan dengan buruh.
• Paradigma Interaksionisme simbolik : membangun realitas sosial dari individu-individu yg ada di dalamnya.
• Paradigma Etnomethoclology : realitas sisial dipahami berdasarkan sudut pandang subjektif individu.
• Paradigma Structural Functiaonlist : masyarakat disusun berdasarkan fungsi tiap-tiap individu melihat realitas berdasarkan fungsi-fungsi di individu.
• Paradigma Feminis : melihat bahwa wanita....karena pria...
• Paradigma Kontemporary : melihat bahwa adanya relativisme tdk ada yg mutlak / absolut.
Deby N Hidayat (2005) : Positivism, critical theorities, constructivism
Guba and Lincoln : Positivism, Post-positivism, critical theorities, constructivism
Dimensi-dimensi dalam paradigma :
 Ontologi : asumsi objektif / subjektif, bagaimana cara kita melihat realitas. Apa realitas di luar anda atau realitas itu berada dalam diri anda.
 Epist emologus: hubungan antara peneliti dan yg diteliti
 Metodologi : bagaimana cara kita mendapatkan data
 Aksiologi : pemilihan nilai, etika, pilihan moral peneliti dalam penelitian

Perbedaan Ontologis :
 Klasik : realitas berada di luar kita
 Konstruktif : kebenaran realitas itu relatif berdasarkan konstruksi sosial kita
 Kritis : realitas yg kita lihat itu semu karena terbentuk dari proses sejarah





Public Relations Research
Metode-metode yg digunakan :
 Survey : deskriptif dan eksplanatif
 Deskriptif : survey yang dilakukan cenderung menggambarkan kejadian yang dipertanyakan.
 Eksplanatif : survey yang dilakukan dengan cara menjelaskan secara mendetil objek yang dipertanyakan.
 Communication Adult
 Unobfrusive
Penelitian Image :
 Motivasi : dorongan/dukungan
 Efektifitas : kemudahan
 Analisis Isi : pengamatan isi proposal.
 Indiv public studies
Public Opinion Research :
 PR research on companies
 PR audit
 Research on recent condition staff that...
 Human relations research
Aktivitas PR :
 Press Agentry
 Promotion
 Publicity
 Public Affair
 Research
 Graphics
 Advertising
 Marketing
 Merchandising
Evaluasi PR :
 Sejauh mana publisitas dilakukan (the extent of publicity)
 Statistik Ordains dan public
 SDA seperti apa (resources based)
 Opini (collecting opinion)
CSR ( Coorporate Siocial Responsibility ) studies : needs, desires, wants, interest (needs assessment)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar